26 May 2011

TIPS INTERNETAN SMART® (Optimalisasi Pulsa SMART)


Artikel ini saya tulis dikarenakan keprihatinan saya melihat “masih banyak” orang-orang yang tidak bisa menikmati layanan SMART® dengan baik. Artikel ini murni pengalaman pribadi saya, tidak ada maksud meyinggung/mencela/merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak lainnya.

Melihat banyak sekali keluhan tentang layanan SMART® dan khususnya paket internet yang diberikan oleh SMART®. Maka dalam tulisan ini saya ingin membahas dan membagi beberapa tips menggunakan provider CDMA yang satu ini.
SMART® Telecom

Saya sendiri juga kebetulan pengguna SMART® semenjak tahun 2009. Saya memakai modem ZTE AC2726 dan HP SAMSUNG Pinger SCH-R351 dan juga pernah pake HP Haier D1200P (HP pertama saya menggunakan layanan SMART®).
Haier D1200P, ZTE AC 2726 dan Samsung Pinger SCH-R351

Fenomena yang menarik dari layanan yang diberikan oleh SMART® adalah mereka mendapatkan pujian dan juga sekaligus keluhan dari pelanggannya (bisa dilihat di salah satu halaman facebook nya SMART®). Ada yang maki-maki tapi malah ada yang mau beli modem SMART. klik disini

Saya juga pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan menggunakan SMART®, tapi kenyataannya sampai sekarang saya masih setia menggunakan provider CDMA yang satu ini untuk memenuhi keperluan layanan data saya.

Satu pengalaman yang tidak menyenangkan yaitu ketika nomor yang saya digunakan di SAMSUNG Pinger dan modem ZTE AC2726 telah terdaftar di layanan kata-kata bijak, searching di internet sebentar, ketemu cara UNREG, dan permasalahan selesai.

Pengalaman lainnya terjadi barusan ini (May 2011) dan murni merupakan kesalahan saya, pulsa yang tertinggal di nomor modem ZTE AC2726 habis karena saya lupa paket data telah berakhir. Padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami hal ini karena selalu bikin note di desktop tentang masa berakhir paket data dan info lainnya.

Di lingkungan kantor saya juga banyak yang memakai layanan SMART® (klo ditotal ada 8 modem yang dipakai oleh 7 orang, ada satu orang yang punya 2 modem, dipakai sendiri dan juga untuk keluarga), tapi yang terus-terusan mengeluh dan mengalami permasalahan dengan layanan SMART® hanya satu orang saja. so, Tanya kenapa???

Jadi jangan selalu mengeluh dan menyalahkan orang lain untuk setiap permasalahan yang anda hadapi. Anda (bagi yang sering mengalami permasalahan dengan layanan SMART®) mungkin sebaiknya merenungi dulu, kenapa orang lain yang sama-sama memakai layanan yang sama tidak pernah mengalami kasus seperti saya? Kenapa kejadiannya terus menimpa saya?

Mungkin beberapa tips berikut bisa membantu anda untuk lebih menikmati layanan yang diberikan oleh SMART® : 

1. TIPS untuk CALON CUSTOMER/PELANGGAN.
  • CARI INFORMASI.
Bagi anda yang baru akan mencoba menggunakan provider SMART® (juga berlaku umum untuk provider lainnya) sebaiknya anda mencari banyak informasi terlebih dahulu (pastikan sumber informasi anda akurat dan terpercaya). Anda tentunya tidak mau membeli kucing dalam karung.

  • COBA DULU SEBELUM  MEMBELI.
Tidak ada salahnya anda mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan layanan dari suatu provider (Pinjam modem atau HP teman misalnya). Salah satu toko modem online di Jogjakarta malah menyediakan jasa rental modem, untuk memastikan apakah di daerah calon pembeli tersedia sinyal yang bagus, dan koneksinya juga bagus (kadang sinyal bagus tapi koneksi jelek dikarenakan disuatu wilayah terlalu banyak pelanggan menggunakan provider yang sama dan mungkin sebaiknya anda mulai berpikir untuk menggunakan provider lain) .

Jadi yang perlu diingat anda adalah customer/pelanggan/pembeli, dan anda harus memperlakukan diri anda sebagai raja, jangan menunggu untuk diperlakukan seperti raja. Anda diberikan kebebasan penuh untuk memilih akan menggunakan layanan dari suatu provider, jadi keputusan ada di tangan anda. Semua provider pasti akan selalu terlebih dahulu menyebutkan keunggulan produknya, dan mereka ga bakal nyebutin kekurangannya, jadi anda sendirilah yang harus mencari kelemahan

2. TIPS untuk CUSTOMER/PELANGGAN.
  • Hubungi 881
Kalau anda mengalami permasalahan dalam layanan yang diberikan oleh SMART® jangan segan-segan untuk menghubungi Customer Service/Layanan Pelanggan yang disediakan oleh SMART®. Modem juga bisa digunakan untuk menghubungi 881, dengan merubah setting jaringan ke Hybrid atau 1X. Untuk berbicara kepada Customer Service anda akan dikenakan biaya Rp. 100 untuk satu (1) kali panggilan.

  • Langsung ke Galery SMART®.
Kalo anda tidak bisa menghubungi 881, langsung saja ke galery SMART® untuk menumpahkan semua uneg-uneg anda.

  • Searching Internet.
Banyak informasi yang bisa diperoleh dari internet. Cukup ketikkan kata kunci yang tepat dan anda akan menemukan jawabannya. Tapi anda harus hati-hati juga karena tidak semua informasi yang tersedia terjamin kebenarannya. Sebaiknya di cek ulang terlebih dahulu dan pastikan sumbernya valid.

  • Kok tiba-tiba nomor saya terdaftar program ini itu? Gimana cara UNREG nya?
Masalah ini kayaknya tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang saja. Saya sendiri juga pernah mengalaminya, nomor saya tiba-tiba sudah terdaftar untuk menerima SMS dari layanan kata-kata bijak. Waktu itu saya langsung menghubungi Customer Service (881) dan masalah langsung terselesaikan.
Jadi daripada anda buang energi marah-marah, maki sana maki sini, masalah tidak terseleaikan dan pulsa anda tetap terpotong. Lebih baik anda langsung hubungi 881 (klo mau marah-marah ya disini aja, karena itu disediakan layanan Customer Service) ceritakan detail masalah yang anda hadapi.

  • Kok tiba-tiba pulsa saya habis padahal saya masih langganan data paket? Masih ada gratisan internet?
Klo masalah ini juga bukan masalah baru lagi, hampir semua orang mungkin pernah mengalaminya. Orang-orang di kantor saya juga pernah mengalami ini, dan tentunya saya sendiri juga pernah mengalaminya. Klo untuk kasus saya dan orang-orang kantor, semuanya murni merupakan kesalahan penggunaan. Biasanya dikarenakan lupa kapan paket datanya berakhir, lupa kapan gratisannya berakhir, akibatnya pulsa yang tersisa akan ludes dalam sekejap.

Klo untuk pengaduan yang bilangnya paket data masih ada atau gratisan masih ada, tapi kok pulsa yang tersisa tiba-tiba habis? Saya sendiri belum pernah mengalami hal yang seperti ini, jadi saya sama sekali tidak dapat berkomentar tentang hal ini. 

Dulu sewaktu bonus isi ulang SMART® masih berupa gratis internetan selama dua (2) minggu, saya selalu pakai gratisan ini dan tidak pernah mengalami kejadian pulsa saya tiba-tiba habis, dan sekarang sewaktu saya menulis artikel ini (24-26 may 2011) saya menggunakan bonus isi ulang 500 Mb untuk 7 hari dan pulsa saya aman-aman saja tidak alias tidak habis. Mungkin dalam kasus ini saya cuma ingin berbagi TIPS AMAN menggunkan bonus SMART® dan internetan dengan paket data SMART® :


Internetan aman menggunakan Bonus Isi Ulang dan Layanan Paket Data SMART® .
  • PASTIKAN BONUSNYA.
Setelah melakukan isi ulang pulsa, pastikan terlebih dahulu bonus yang anda peroleh, dengan menghubungi *995 dan sekalia cek juga pulsa anda melalui *999. Kalau ternyata bonusnya tidak ada/belum masuk jangan coba-coba untuk internetan.

  • CATAT, INGAT dan selalu PERIKSA
CATAT dan INGAT kapan tanggal habisnya gratisan internet anda. selalu PERIKSA status gratisan internet (*995) dan juga pulsa (*999) anda sebelum dan sesudah internetan. Tiga hal inilah yang selalu saya lakukan sehingga saya bisa dengan tenang internetan menggunakan bonus isi ulang dari SMART®. Hal yang sama juga saya lakukan ketika sudah berlangganan paket data SMART®.
Notes di desktop sebagai pengingat.

Jadi untuk anda dengan keluhan pulsa tiba-tiba hilang padahal masih ada gratisan, masih langganan paket data, tidak ada salahnya mencoba tips saya diatas.
Semoga anda tidak lagi menghabiskan energi hanya untuk mengeluh dan mengeluh, tapi energinya bisa digunakan untuk menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat.

Saran dan masukan dari anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini. Silahkan share/bagi tips, info, saran, masukan dan pengalaman pribadi anda disini. Terimakasih.......

Salam,
Pulsa Bunda

TIPS, INFO dan PROMO menarik lainnya <click here>

3 comments:

  1. bener.. make smart itu harus pinter2 ngitung tau waktu juga.. yg tadinya mau nikmatin gratisan jadinya bisa buntung.. coba dia pake reminder.. laebih nyaman lagi customernya.. kayak xl.. klo dah sejam teleponan walopun dia gak ada paket pasti diputus.. biar customer gak jebol juga.. kayak trik marketing gtu jadinya.. manfaatin bonus, lupa waktu sedot deh kelebihan pemakaiannya..

    ReplyDelete
  2. Tujuan akhir marketing memang UNTUNG sebanyak-banyaknya.

    Thanks untuk sharingnya.
    Semoga bisa membantu yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Saya pemilik counter Pandawa 2 Cell.
    nama : iskandar
    alamat : gayung sari 1 no.81 surabaya
    no chip smart : 08815035289

    Dulu saya pernah komplain lewat situs ini mengenai sales smart yang tidak pernah mengujungi saya.
    ketika sudah ditanggapi saya mengambil chip smart fren.
    dah diposit trus meminta deposit tidak pernah ditanggapi ama sales maupun lewat MD.setelah melewati lebaran akhirnya datang salesnya alasan alasan dulu dah keluar.ketika dah menambah deposit chip saya ada masalah dak dapat repot setelah pengisian dan cek pulsa juga dak bisa juga.tapi ketika saya telpon ke 888 ternyata dah masuk.dan setiap masukan selalu telpon menanyakan pulsa dah masuk atau tidak dan setiap bertanya di potong 300Rp. karena dak ada repot dan masuk ok besoknya saya dak tanya.eh pas ada yg ngisi dak masuk saya diomelin orang.ternyata 100% chip saya dak bisa dipake untuk ngisi.katanya suruh reset paswword.pertama dak ada tanggapan dari deler.saya tanya ke 888 katanya tanya delernya. pas saya telpon salesnya suruh telpon ke 888. saya marah kok main lempar gini.pas saya dah tanya user langsung saya. telpon ke 888 dan minta reset password.ketika udah reset password pakai yg mudah disuruh ganti trus sy ganti yang sulit akhirnya bisa nembak dan cek deposit.sorenya saya dapat sms suruh ganti password saya pikir sms bekas tadi pagi. eh besoknya dak dapat repot sms dan cek deposit.dan saya malas tanya ke 888 lagi saya tanya ke salesnya dan salesnya telpon tetap aja dak ada perubahan.

    saya berharap pakai chip biar cepet masuk karena daerah saya pengisian pulsa smart jelek ataua lambat karena konter pakai agen atau all operator.dan pelanggan smart saya yg udah tau pengisian smart saya cepat makin sedikit makin menghilang.

    saya kerja untuk agar saya bisa sukses ama buat penghasilan. karena saya ikut orang aja dak main2 apalagi saya usaha sendiri.
    tapi ternyata smart tidak ingin sukses.

    gini aja saya minta kembali sisa deposit smart saya.,daripada uang saya nyangkut disana lebih baik saya putar putar saja.dah 2 minggu deposit 300rb dak bisa dipakai.trnyata smart doyan makan modal counter kecil

    sekian terima kasih.

    iskandar

    ReplyDelete