10 July 2011

BlackBerry Internet Service (TELKOMSEL)

 
Paket Layanan BlackBerry Telkomsel
Telkomsel secara resmi memperkenalkan layanan BlackBerry pada tahun 2005 untuk pelanggan korporasi. Kemudian layanan BlackBerry Telkomsel berkembang pesat dan mulai dipasarkan ke semua pelanggan Telkomsel, baik itu pelanggan korporasi dan reguler hingga sekarang. Layanan BlackBerry Telkomsel didukung oleh kualitas jaringan terbaik, dan terluas di seluruh Indonesia.

Layanan BlackBerry Telkomsel terdiri dari sebagai berikut:
  1. Paket BES (BlackBerry Enterprise Solution)
    Layanan pushmail BlackBerry yang ditujukan hanya untuk pelanggan korporasi, yang memungkinkan para eksekutif dan karyawan di perusahaan dapat mengakses secara otomatis dan merespon email korporatnya dari BlackBerry mereka. Untuk lebih detailnya, silahkan klik http://www.telkomsel.com/product/blackberry/674-Blackberry-Enterprise-Service.html
  2. Paket BIS (BlackBerry Internet Service)
    Layanan pushmail BlackBerry yang ditujukan untuk semua pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan kartuAs). Dengan adanya layanan ini pelanggan dapat mengirim dan menerima email melalui ponsel BlackBerry ataupun ponsel lainnya yang telah mendukung BlackBerry Connect (BBC). Email - email yang didukung oleh layanan Blackberry Internet Service adalah email - email yang mendukung protokol POP3/IMAP4 dan free mail yahoo.com dan gmail.com.
    Dengan menggunakan BlackBerry Internet Service, pelanggan akan dapat memanfaatkan beberapa fitur, yaitu :
    1. Push Email
      1. Email akan langsung diterima / push ke handset BlackBerry
      2. Dapat mengirim, menerima, forward, reply termasuk CC dan BCC termasuk melihat attachment
      3. Multiple email account, maksimal 10 email tergantung oleh ponsel yang digunakan
      4. Mendukung email - email yang mendukung POP3/IMAP4
      5. Email - email yang akan dikirim ke ponsel adalah email - email yang berada pada folder inbox
    2. Internet Browsing
    3. Instant Messaging (BlackBerry Messenger/BBM, Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, dst)
    4. Social Networking (Facebook, Twiiter, MySpace, Flickr, dst)
  3. Paket Hemat BlackBerry Unlimited* (BIS Unlimited)
    Telkomsel memberikan banyak pilihan kepada pelanggan untuk menentukan paket BlackBerry Unlimited (BIS) sesuai dengan kebutuhannya, tersedia paket harian*, mingguan* dan bulanan*. Paket BlackBerry Unlimited memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan Unlimited Browsing, Unlimited Push Email dan Unlimited Chatting.
  4. Paket Hemat Unlimited* BlackBerry Lifestyle (Pertama di Asia Pacific) & BlackBerry Business
    Telkomsel menjadi operator pertama di kawasan Asia Pacific yang meluncurkan inovasi layanan BlackBerry Lifestyle dan dilengkapi dengan layanan BlackBerry Business, di mana seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, & kartuAs) dapat menikmati layanan push mail, chatting, dan social networking dengan tarif yang murah.
    1. Paket Hemat Unlimited* BlackBerry Lifestyle (Chat & Social Networking)
      Paket hemat layanan BlackBerry Lifestyle merupakan inovasi pertama di Indonesia yang menyediakan unlimited chatting (melalui BlackBerry Messenger, Yaho! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger) serta layanan social networking (Facebook, My Space). Pelanggan dapat memilih paket hemat harian seharga Rp 2.000 atau paket mingguan Rp 15.000. Untuk paket hemat bulanan pelanggan dikenakan Rp 45.000 untuk bulan pertama dan selanjutnya Rp 60.000 per bulan. Layanan BlackBerry Lifestyle tidak mendukung untuk internet browsing & push email.
    2. Paket Hemat Unlimited* BlackBerry Business (Char & Mail)
      Paket hemat layanan BlackBerry Business menyediakan unlimited push mail dan chatting (melalui BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger) dengan paket hemat harian Rp 3.000, paket mingguan Rp 20.000, dan paket bulanan Rp 65.000 untuk bulan pertama, selanjutnya Rp 80.000 per bulan. Layanan BlackBerry Business tidak mendukung untuk internet browsing & aplikasi social networking.
      Skema tarif paket hemat BlackBerry Telkomsel:
      Paket Hemat BlackBerry Internet Service Telkomsel Tarif Paket Harian Tarif Paket Mingguan Tarif Paket Bulanan
      Bulan Pertama Bulan Selanjutnya
      BlackBerry Lifestyle (Chat & Social networking) Rp. 2000 Rp 15.000 Rp 45.000 Rp 60.000
      BlackBerry Business (Chat & Mail) Rp. 3000 Rp 20.000 Rp 65.000 Rp 80.000
      BlackBerry Unlimited (Full Service) Rp. 5000 Rp 35.000 Rp 90.000** Rp 99.000

      *) Tarif prabayar sudah termasuk PPN, tarif paskabayar belum termasuk PPN
              **) Berlaku mulai 16 Oktober 2010 hanya untuk pelanggan yang belum pernah berlangganan paket BlackBerry Telkomsel. Untuk aktivasi pada 1-15 Oktober 2010, pelanggan baru hanya dikenakan biaya Rp 70.000.

Cara berlangganan dan menggunakan Paket Hemat Layanan BlackBerry Telkomsel
  1. Registrasi & Unregistrasi lewat *363# Pertama di Indonesia, Telkomsel memberikan fasilitas menu terlengkap untuk mempermudah berlangganan layanan BlackBerry Telkomsel melalui *363# . Layanan *363# memberikan semua informasi yang dibutuhkan serta cara mudah berlangganan layanan BlackBerry. Cukup tekan *363#, maka akan muncul menu sebagai berikut:
    *363#
    • Info Paket BB (Semua informasi yang dibutuhkan pelanggan mengenai paket hemat BlackBerry Telkomsel)
    • Paket BlackBerry Unlimited
    • Paket BlackBerry Business
    • Paket BlackBerry Lifestyle
    • Cek Status BB (Cara pelanggan mengecek status layanan BlackBerry dan masa berlakunya)
    • UnReg Layanan BB (Cara pelanggan untuk berhenti layanan BlackBerry)
  2. Registrasi & Unregistrasi lewat SMS
    Telkomsel menghadirkan ide brilian dengan menciptakan kemudahan aktivasi BlackBerry via SMS yang pertama kali ada didunia serta menghadirkan layanan Blackberry untuk Prepaid yang pertama di Asia.
    Berikut langkah - langkah aktivasi BlackBerry Telkomsel via SMS :
    • Berlaku untuk pelanggan KartuHALO, simPATI, dan KartuAS.
    • Untuk ponsel selain Blackberry, pelanggan harus meng-install aplikasi BlackBerry Connect (BBC) seperti keterangan diatas terlebih dahulu dan pastikan handset Anda mendukung layanan ini.
    • Registrasikan diri anda.
    Untuk registrasi layanan BlackBerry, pelanggan harus mengirimkan SMS dengan format berikut ini :
    ketik SMS sebagai berikut dan kirim ke 333

    Paket Hemat Isi SMS    
    BlackBerry Telkomsel Paket Harian* Paket Mingguan* Paket Bulanan*
    NEW BlackBerry Business (Chat & Mail) bbbizhari(spasi)reg bbbizminggu(spasi)reg bbbizbulan(spasi)reg
    NEW BlackBerry Lifestyle (Chat & Social Networking) bblifehari(spasi)reg bblifeminggu(spasi)reg bblifebulan(spasi)reg
    BlackBerry Unlimited (Full Services) bbhari(spasi)reg bbminggu(spasi)reg bb(spasi)reg
     dimana pelanggan akan mendapatkan SMS konfirmasi, dengan contoh untuk aktivasi BlackBerry Unlimited* sebagai berikut :

    KartuHALO :
    "Anda akan dikenakan biaya berlangganan BlackBerry Rp 90ribu/bulan utk akses tanpa batas (biaya tdk termasuk streaming, roaming internasional & penggunaan BlackBerry sbg modem).Jika SETUJU, ketik BBON & kirim ke 333.Biaya ditagihkan setiap tgl .Pastikan Handset anda support layanan BlackBerry"

    simPATI & KartuAS :
    "Anda akan dikenakan biaya berlangganan BlackBerry Internet Service Rp 90ribu/30 hari utk akses tanpa batas (biaya tdk termasuk streaming, roaming internasional & penggunaan BlackBerry sbg modem).Jika SETUJU, ketik BBON & kirim ke 333.Pastikan Handset anda support layanan BlackBerry"

    • Jika setuju dengan persyaratan diatas, maka Anda dapat melanjutkan proses registrasi/aktivasi dengan mengirimkan  BBON ke 333 .
    • Jika proses berhasil ,maka Anda akan mendapatkan SMS notifikasi dan petunjuk untuk mencabut baterai Handheld Anda serta mendaftarkan email Anda melalui http://telkomsel.blackberry.com atau melalui menu email setting pada handheld Anda.
    • Untuk berhenti dari layanan BlackBerry Telkomsel dapat melalui sms dengan mengetik BB(spasi)unreg dan kirim ke 333

Ketentuan berlangganan Layanan BlackBerry Unlimited, BlackBerry Lifestyle & BlackBerry Business:
  1. Periode Berlangganan
    1. Paket Bulanan:
      • Untuk kartuHALO, Pastikan aktivasi dilakukan diawal Billing Cycle (tanggal penagihan)
      • Layanan BlackBerry Anda akan mulai tertagih pertama kali pada tagihan bulan berjalan (untuk kartuHALO)
      • Layanan berlaku selama 30 hari sejak tanggal aktif (untuk simPATI & kartuAs)
      • Layanan otomatis diperpanjang
    2. Paket Mingguan:
      • Layanan BlackBerry Anda akan mulai tertagih pertama kali pada tagihan bulan berjalan (untuk kartuHALO)
      • Layanan berlaku selama 7 hari sejak tanggal aktif (untuk simPATI & kartuAs)
      • Layanan otomatis diperpanjang pada hari ke - 8 pukul 23:00
      • Permohonan aktivasi lewat sms/umb *303# hanya dapat dilakukan dari pukul 00:00 - 22:59
    3. Paket Harian:
      • Layanan BlackBerry Anda akan mulai tertagih pertama kali pada tagihan bulan berjalan (untuk kartuHALO)
      • Layanan berlaku selama 1 hari sejak tanggal aktif (untuk simPATI & kartuAs)
      • Layanan otomatis diperpanjang tiap hari pukul 23:00
      • Permohonan aktivasi lewat sms/umb *303# hanya dapat dilakukan dari pukul 00:00 - 22:59
  2. Ketentuan Unlimited* : Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan GPRS untuk penggunaan BlackBerry dengan ketentuan sebagai berikut :

    1. Layanan BlackBerry digunakan di luar negeri akan dikenakan biaya tambahan GPRS sesuai dengan tariff GPRS international roaming yang berlaku di Operator yang digunakan.
    2. Layanan BlackBerry digunakan untuk membukan website yang mengandung streaming baik audio maupun video seperti youtube dan website musik akan dikenakan biaya normal GPRS yang berlaku Rp.5/KB.
    3. Layanan BlackBerry digunakan sebagai modem akan dikenakan biaya normal GPRS yang berlaku Rp.5/KB.
    4. Layanan BlackBerry digunakan untuk browsing menggunakan browser selain browser bawaan dari BlackBerry itu sendiri.
    5. Layanan BlackBerry untuk browsing, chatting, dan akses data lainnya dengan menggunakan handset selain BlackBerry akan dikenakan biaya normal GPRS yang berlaku Rp.5/KB.
    6. Settingan browser BlackBerry di option > advanced option > browser > default browser configuration > bukan "Internet Browser"  atau "BlackBerry Browser" akan dikenakan biaya normal GPRS yang berlaku Rp.5/KB.

  3. Berikut restriksi penggunaan BlackBerry Internet Service (BIS) pada KartuHalo berdasarkan penggunaan GPRS lainnya :
      BIS Packages
    Regular GPRS (APN Internet, Telkomsel & MMS)
    GPRS Ventus X
    GPRS Microsoft DirectPush X
    GPRS Individual
    GPRS Bulk
    GPRS BlackBerry for Corporate X
  4. Berikut restriksi penggunaan BIS KartuHALO berdasarkan paket aktivasi KartuHALO :
      BIS Packages
    Halo Bebas Komunitas
    Halo Bebas 150 SMS
    Halo Bebas Abonemen
    Halo Bebas Bicara
    Halo Bebas Roaming Corporate
    Halo Bebas 100 SMS Corporate
    Halo Bebas Abonemen Corporate
    Halo Data
    Halo Hybrid X

  Handset yang mendukung untuk Layanan BlackBerry Telkomsel
  1. Blackberry Device
    Telkomsel mendukung semua jenis BlackBerry, namun Telkomsel hanya menyediakan beberapa device berikut :
    1. BlackBerry Curve 8300 smartphone
    2. Blackberry Curve 8520 smartphone
    3. BlackBerry Bold 9000 smartphone
    4. BlackBerry Curve 8900 smartphone
    5. Blackberry Storm 9500 smartphone
    Untuk lokasi pembelian bisa dilihat pada menu BlackBerry Device pada website ini.
  2. BlackBerry Connect
    Telkomsel mendukung semua jenis BlackBerry, namun Telkomsel hanya menyediakan beberapa device berikut :
    1. Nokia : 9300, 9300i, 9500, 6820, 6822, E61, E61i, E90 dan lain lain.
      Umumnya software BlackBerry Connect (BBC) telah terdapat pada paket software ketika kita beli ponsel tersebut. Atau dapat di download pada web site Nokia.   download manual
    2. Sony Ericsson : M600, P990,W950 download manual
    3. Windows Mobile 5 : Dopod D810 & Dopod 838pro (Anda harus register terlebih dahulu untuk men-download BBC) download manual
    4. Dan ponsel lainnya yang telah didukung oleh BlackBerry Connect.


    Note : Untuk instalasi BlackBerry Connect (BBC) dapat menghubungi produsen ponsel masing - masing

No comments:

Post a Comment