Berikut beberapa TIPS jika anda mengalami gangguan dalam memakai layanan TELKOMSEL Flash,
1. Tidak terjadi apa-apa ketika TELKOMSELFlash USB Modem dihubungkan dengan PC/LAPTOPBuka window explorer dan masuk ke USB Drive directory, pilih dan jalankan file Autorun.exe
2. Saya diminta memasukkan nomor PIN ketika saya menghubungkan perangkat datacard USB / PCMCIA ke laptop / PC. Nomor PIN apakah ini?
Nomor PIN ini adalah nomor PIN SIM Card TELKOMSEL Anda, bukan PIN perangkat Anda. Nomor PIN ini adalah nomor yang sama dengan nomor yang diminta setiap kali Anda menyalakan ponsel Anda. Pastikan Anda memasukkan PIN ini dengan benar karena Anda hanya diberikan kesempatan 3 kali sebelum SIMCard Anda diblok.
3. Muncul pesan error : "a connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed. For further assistance, click More Info or search Help and Support Center for this error number" Muncul ketika saya klik Connect. Apa yang terjadi?
- Pastikan SIM Card Anda sudah terdaftar untuk layanan TELKOMSELFlash. Untuk memastikan, cukup kirimkan SMS dengan isi SMS : Flash dan kirimkan ke 3636.
- Kemungkinan besar Anda berada di daerah perbatasan HSDPA/3G dan EDGE/GRPS (2G). Perpindahan 2 Teknologi ini masih belum dapat dilakukan secara baik. Mohon Anda pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan sisi luar gedung/rumah Anda untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.
- Solusi Alternatif : Pilih profile 3G only untuk mencegah perangkat Anda berpindah-pindah ke jaringan 2G. Untuk TELKOMSELFlash USB Modem, klik Settings pada dashboard TELKOMSELFlash Anda, pilih choose Connection Type, pilih 3G only.
- Khusus kartu prabayar TELKOMSEL : Kemungkinan pulsa kartu prabayar Anda sudah habis. Walaupun hal ini seharusnya tidak terjadi karena TELKOMSELFlash mempunyai tarif Rp 0/kb dan diganti dengan Time Based Charging, namun terkadang perangkat network mengadakan pengecekan pulsa sebelum melakukan koneksi
- Khusus kartu prabayar TELKOMSEL : Kemungkinan Anda berada dalam posisi grace (masa aktif kartu Anda habis) dimana Anda tidak bisa melakukan panggilan atau SMS (apabila kartu tersebut dimasukkan ke dalam ponsel) atau koneksi data, termasuk ke TELKOMSELFlash. Untuk mengecek hal ini, coba lakukan test pengiriman SMS ke rekan Anda, bila selalu gagal, maka ada kemungkinan Anda berada di masa grace (selain tentunya pulsa habis
4. Saya sudah mengklik Connect dan sukses terhubung ke jaringan data TELKOMSEL, namun tidak muncul halaman Home Screen TELKOMSELFlash dan saya bisa langsung melakukan browsing Internet. Apakah ini normal ?
Hal ini tidak normal. Tanda bahwa Anda terkoneksi pada layanan TELKOMSELFlash dengan sistem charging berbasis waktu adalah munculnya Home Screen TELKOMSELFlash (untuk advanced users : koneksi benar ditandai dengan pemberian IP Address : 221.xxxx.xxxx.xxxx). Jika halaman ini tidak muncul, Anda melakukan kesalahan settings APN Flash pada perangkat Anda. Kesalahan ini berakibat Anda akan dikenakan tarif normal Rp 12/kb. TELKOMSEL tidak bertanggung jawab jika kesalahan Anda lakukan sendiri akibat salah setting.
5. Saya sudah mengklik Connect dan sukses terhubung ke jaringan data TELKOMSEL, namun tidak muncul halaman TELKOMSELFlash ketika saya mengetik alamat web pada internet browser saya, malah terlihat tulisan Connection has
timed out (Mozilla FireFox) atau Page not Found (Internet Explorer). Apakah yang terjadi?
Kemungkinan besar Anda mengaktifkan proxy server pada internet browser Anda (hal ini pada umumnya terjadi bagi pengguna laptop yang juga menggunakan laptopnya di kantor melalui kabel LAN). Proxy server ini harus dimatikan dahulu.
- Untuk Internet Explorer, silahkan tekan Tools > Internet Options > Connections > LAN Settings. Pada kotak Proxy Server, tanda check dihilangkan.
- Untuk Mozilla FireFox, silahkan tekan Tools > Options > Advanced > Network > Connection > Setting. Pilih Direct Connection to the Internet
6. Saya sudah mengklik Connect dan sukses terhubung ke jaringan data TELKOMSEL, namun tidak muncul halaman TELKOMSELFlash ketika saya mengetik alamat web pada internet browser saya, malah terlihat tulisan Connection has timed out (Mozilla FireFox) atau Page not Found (Internet Explorer). Apakah yang terjadi?
Kemungkinan besar fitur Work Offline pada browser Internet Anda menyala. Matikan fitur tersebut dengan mengklik tombol Connect pada dialog box yang muncul atau dengan mengklik Tools dan klik Work Offline pada toolbars Internet Explorer Anda (Internet Explorer 7) atau mengklik File dan klik Work Offline (Internet Explorer 6 dan Mozilla FireFox) dan pastikan bahwa tanda cek pada Work Offline hilang.
7. Muncul error message : Internet Explorer cannot display the webpage atau The webpage you requested is not available offline. Apa yang terjadi ?
Kemungkinan besar browser Internet Anda memunculkan cache yang kadangkala digunakan untuk mempercepat proses tampilan webpage berdasarkan data historikal sebelumnya. Tekan tombol Refresh atau tombol F5 pada laptop / PC Anda agar browser mencari informasi terupdate.
8. Informasi paket yang saya miliki dan terdapat pada Home Screen TELKOMSELFlash tidak akurat / salah. Apa yang terjadi?
Kemungkinan besar browser Internet Anda memunculkan cache yang kadangkala digunakan untuk mempercepat proses tampilan webpage berdasarkan data historikal sebelumnya. Tekan tombol Refresh atau tombol F5 pada laptop / PC Anda agar browser mencari informasi terupdate.
9. Seringkali saya mengalami putus koneksi pada saat menggunakan TELKOMSELFlash, padahal sinyal 3G saya penuh. Apa yang terjadi ?
- Kemungkinan besar Anda berada di daerah perbatasan HSDPA/3G dan EDGE/GRPS (2G). Perpindahan 2 Teknologi ini masih belum dapat dilakukan secara baik. Mohon Anda pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan sisi luar gedung/rumah Anda untuk mendapatkan cakupan jaringan yang lebih baik. Namun demikian mohon diperhatikan bahwa teknologi 3G (WCDMA) mirip dengan teknologi CMDA dimana :
- Kekuatan sinyal TIDAK SELALU menjadi pertanda kualitas jaringan seperti halnya teknologi 2G (GPRS) dan 2,5G (EDGE).
- Jika Anda berada pada cakupan jaringan di daerah ujung dari Node B (BTS 3G), maka ada kemungkinan dimana posisi Anda awalnya tercakup dengan baik namun menjadi blind spot ketika semakin banyak orang terkoneksi ke 3G di daerah dekat Node B (Cakupan jaringan mengecil dengan semakin banyaknya orang terkoneksi)
- Jika kejadian ini Anda alami setiap download file sebesar 34 MB (khusus bagi pengguna kartu prabayar dan pengguna kartu HALO yang mengaktifkan fitur HALO Cek), maka kami mohon maaf, namun saat ini permasalahan sudah berhasil diatasi oleh TELKOMSEL. Terima kasih atas kesabaran Anda
Kecepatan koneksi sangat bergantung pada beberapa hal :
- Coverage Anda akan mendapatkan kecepatan yang tinggi apabila berada pada coverage HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau Teknologi 3,5 G. Kecepatan akan semakin menurun seiring dengan menurunnya teknologi jaringan dari 3G / EDGE / GPRS
- Kualitas Jaringan Jarak dan Interferensi dari Anda ke Node B (BTS untuk teknologi 3G dan 3,5G) mempengaruhi kualitas jaringan yang Anda dapatkan. Semakin jauh dan semakin banyak interferensi (misal di dalam gedung dengan dinding beton yang tebal, dll) yang Anda dapatkan, maka semakin berkurang kecepatan akses yang Anda dapatkan
- Banyaknya orang yang terkoneksi pada saat bersamaan Semakin banyak orang yang mengakses TELKOMSELFlash pada saat yang bersamaan maka akan semakin berkurang kecepatan akses yang Anda nikmati. Hal ini karena teknologi jaringan 3G dan HSDPA merupakan sistem shared, dimana bandwidth yang ada dibagi rata dengan semua pengguna yang mengakses TELKOMSELFlash
- Tipe serta volume Data yang diakses Kecepatan maksimum hanya akan dicapai jika Anda melakukan tipe koneksi FTP (File Transfer Protocol) atau melakukan download / upload file dan streaming. Jika Anda hanya melakukan browsing ringan (HTTP), maka kemungkinan besar Anda tidak akan memperoleh kecepatan maksimum karena memang tidak diperlukan kecepatan tinggi untuk melakukan HTTP.
No comments:
Post a Comment